Apa saja yang perlu dilakukan dalam menentukan pasangan agar setelah berjodoh selalu mendapatkan kebahagiaan ? Hidup bahagia bersama jodoh yang dicintai merukan cita cita semua orang, jodoh yang baik tidak datang dari langit atau muncul tiba tiba layaknya kisah seorang pangeran bertemu putri cantik di dalam dongeng.

Memilih jodoh yang benar diyakini oleh para ahli kepribadian akan memberikan efek kehidupan yang lebih bahagia dibandingkan sebelumnya, tetapi bagaimana cara menentukan apakah seseorang itu memang akan jadi jodoh kita dan kenapa kita harus memilihnya sebagai pasangan hidup ? Berikut 27 jawaban yang disajikan oleh layanan birojodohislami.com sebagai biro jodoh islami terpercaya di Indonesia :

# 1 Kenali diri anda lebih dibandingkan sebelumnya. Banyak orang sangat gampang memberikan penilaian pada orang lain tetapi mereka sangat sulit mengenal dirinya sendiri atau sengaja tak pernah membuat upaya untuk mengenal diri lebih dalam. Orang yang kesulitan mengenali dirinya secara jujur maka cenderung mengalami kesulitan dalam mengenal pasangan yang akan dijadikan sebagai jodoh.

“Menganali diri sendiri lebih dalam , lebih sering dan lebih kerasakan membuat seseorang mampu menentukan jodoh lebih baikdibandingkansebelumnya. …”www.birojodohislami.com

# 2 Biasakan untuk tidak menyimpan pandangan negatif terhadap calon pasangan. Mengapa ? Karena ketika anda mulai menentukan pandangan dan sikap yang negatif terhadap pasangan maka akan menciptakan suasana hati yang tidak nyaman, anda akan merasa dalam dua dunia , disatu sisi merasa tertarik , namun disisi lain dihantui rasa curiga yang berlebihan.

Solusi untuk mengatasi kondisi seperti itu adalah dengan bertanya secara langsung atau sampaikan secara terang terangan dengan cara yang baik mengenai apa yang anda sangkakan. Pasangan yang baik tak akan pernah merasa tersinggung dengan persangkaan negatif ketika memang hal itu tak pernah dilakukannya.

Meskipun demikian anda boleh tidak percaya 100 % , sebab pasangan perlu mendapatkan ujian sampai menciptakan kemantapan di dalam hati anda. Kewaspadaan bukanlah rasa curiga , namun satu sikap bijaksana yang sudah dilakukan oleh mereka yang sukses mendapatkan jodoh idaman di dalam hidupnya.

# 3 Perluas tingkat pergaulan anda. Seorang akan terkendala oleh masalah dalam menentukan pasangan ketika ia tak punya banyak pilihan . Untuk mendatangkan pilihan yang beraneka ragam maka anda perlu meningkatkan pergaulan, memperbanyak pertemanan yang real ( bukan model pertemanan di sosial media yang cenderung tak ada ikatan emosional ).

Semakin banyak persahabatan yang berhasil dibentuk maka seorang telah berada pada level terbaik untuk menentukan jodohnya sendiri, sekaligus ia akan belajar mengontrol emosi , menentukan sikap yang tepat dan menciptakan kehidupan yang lebih dinamis.

# 4 Ciptakan nilai manfaat untuk orang lain. Mengapa seorang dikejar dan diminati oleh banyak orang , apakah karena mereka cantik atau tampan ? Kecantikan atau kegantengan sejatinya bukan modal utama untuk mendapatkan pasangan, menentukan jodoh hanya berdasarkan penampilan fisik telah membuat banyak orang kecewa ketika masuk fase fase menentukan di dalam hidupnya.

Mungkin saja anda tidak setampan aktor dunia atau secantik putri kerajaan , namun ketika anda bisa menciptakan sesuatu yang berguna bagi banyak orang maka akan banyak calon jodoh yang tergila gila dengan diri anda. Tentunya semua nilai itu diciptakan bukan sekedar rekayasa belaka, tetapi memang lahir dari satu komitmen bahwa anda harus berguna bagi orang lain , minimal di satu tingkat yang bisa anda kerjakan dengan sebaik baiknya.

# 5 Memilih jodoh perlu perencanaan secara konsisten. Tampaknya agak aneh ketika diminta untuk menuliskan rencana dalam secarik kertas saat hendak menentukan pasangan hidup. Jika selama ini tindakan anda mengalami kegagalan namun sangat sulit dianalisis mengapa gagal dalam menjalin hubungan maka salah satu penyebanya karena rencana tidak dituangkan dalam bentuk rencana tertulis.

Mulai sekarang anda bisa membuat rencana dalam menentukan siapa yang akan dijadikan pasangan lewat satu bentuk rencana tertulis, ambil buku atau kertas, tuliskan secara rinci dan rajin rajinlah membaca rencana anda setiap hari . Jangan pernah bosan untuk membacanya, sebab itu lebih baik dibandingkan dengan tindakan yang spontan tanpa perencanaan.

# 6 Kenali calon jodoh dari segala aspek . Saat anda bertemu dengan calon pasangan atau anda berencana menjadikannya sebagai salah satu pilihan maka kenali segalanya dengan bijaksana agar nantinya tak pernah terkejut dengan hal hal yang tak pernah sejalan dengan diri anda sendiri .

Sebab tak pernah ada pasangan yang 100 % sempurna , selalu ada kelemahan tersembunyi yang tak  bisa dibaca oleh seseorang. Catat setiap hal baru yang telah anda ketahui , lalu renungkan agar ketika keputusan akhir hati memang memilih dirinya maka anda sudah tahu resikonya.

# 7 Mintalah nasehat kepada orang orang yang lebih bijaksana. Memilih jodoh tanpa meminta padangan orang tua merupakan salah satu sumber kesalahan di dalam suatu hubungan. Meksi anda lebih jenius , lebih hebat dan di atas segala galanya dibandingkan orang tua anda sendiri maka jangan pernah melupakan arahan atau pandangan mereka , sebab orang tua biasanya punya senjata emas, satu mutiara yang bersinar ketika hati gelap akibat dibutakan oleh rasa cinta.

Orang tua juga bisa seseorang yang lebih dituakan , lebih bijaksana dan mampu melihat suatu  masalah dari pandangan yang berbeda. Orang tua yang baik tak akan memaksakan kehendaknya, namun mereka hanya memberikan rambu rambu agar anda tidak tersesat ketika menentukan pasangan yang teramat dicintainya.

# 8 Pilihkan jodoh yang punya banyak kesamaan , tetapi jangan memilih yang sangat mirip dalam segala hal . Anda akan sangat beruntung ketika menemukan pasangan yang punya banyak kesamaan , karena hal itu akan meminimalisir berbagai perselisihan dikemudian hari. Tetapi faktor kesamaan perlu dibatasi , harus ada perbedaan penting untuk saling menguatkan.

Misalnya jika anda tipe wanita yang cukup boros atau kesulitan dalam mengatur uang maka carilah pria yang penuh perhitungan atau sebaliknya. Demikian juga ketika anda tipe wanita manja maka pilih lelaki yang tidak terbiasa memanjakan , namun sikapnya sangat mengagumkan ketika sedang memanjakan diri anda. Hal hal seperti itu sangat penting agar kehidupan rumah tangga anda berjalan seimbang untuk menjadi pasangan yang bahagia.

# 9 Menentukan jodoh perlu proses yang terukur. Jika anda menjalani suatu hubungan dan tak pernah mengalami kemajuan apapun maka mengambil sikap frontal merupakan langkah yang tepat . Kalau tujuan utama anda memilih seorang untuk dinikahi maka jangan terlalu lama dalam menjalani proses tersebut , sebab akan menimbulkan hal hal negatif , bahkan sebagian lebih memilih untuk menunda pernikahan tetapi sudah melakukan hubungan layaknya suami istri.

Proses tak perlu dijalani berlama lama, ketika anda sudah mengenal dengan baik calon pasangan , telah membina hubungan baik dengan orang tua , keluarga atau siapapun yang ada di dalam hidupnya maka segera ambil keputusan pasti untuk mengunci pasangan itu agar menjadikan anda sebagai jodoh resmi lewat jalur pernikahan yang syah secara hukum agama dan negara.

# 10 Ajaklah pasangan untuk mengerjakan tantangan. Anda bisa memberikan tantangan khusus kepada pasangan yang menyatakan cinta , berikan dia satu tantangan yang tak mudah dikerjakan untuk menguji sejauh mana tingkat upayanya dalam menunjukkan rasa cintanya. Tentunya hanya tantangan tantangan yang dibenarkan secara agama dan tidak bertentangan dengan kebenaran yang ada di dalam masyarakat

Tetapi anda mesti konsisten , jangan pernah menggunakan tantangan sebagai cara untuk mempermainkan orang lain , sebab hal itu akan membuat hati anda keruh , hati yang penuh dengan debu kepalsuan  dan akan menjadi penyebab mengapa anda akhirnya mendapatkan jodoh yang tak pernah disukai di dalam hidup ini .

# 11 Ciptakan suasana yang romantis ketika anda yakin pasangan tak menyukai hal hal yang romantis. Segala kemungkinan bisa terjadi , boleh jadi anda termasuk tipe pribadi yang sangat romantis tetapi jatuh cinta kepada seorang yang tak punya sisi romantisme, bahkan yang bersangkutan sangat alergi dengan hal hal romantis.

Tapi ketika anda mampu melakukan dengan benar dan mengerjakannnya secara sungguh sungguh maka anda akan membuat irama baru , yang akan jadi nyanyian terbaik sampai kemudian pasangan tetap bertahan dan mencintai diri anda secara tulus dengan segala kekurangannya.

Pasangan yang tepat tidak harus romantis, tetapi ia bisa merasakan ada irama yang perlu dimainkan di dalam hubungan. www.birojodohislami.com

# 12 Jangan percaya pada ramalan ramalan. Anda boleh saja memiliki pengetahuan mengenai ramalan perjodohan , bagaimana memilih dan menentukan pasangan , tetapi menjadikan hasil ramalan sebagai pedoman merupakan kesalahan yang akan menciptakan penyesalan.

Ramalan memiliki tingkat kebenaran yang sangat subyektif , lebih sering terjadi karena kebetulan ,namun orang yang mengetahui apa yang mesti dilakukan adalah mereka yang telah mengenal dirinya secara utuh, melatih jiwa tetap kuat dan yakin dengan semua keputusan yang diambilnya.

# 13. Hargai mitos mitos yang berhubungan dengan masalah jodoh / pasangan , tetapi tetap melangkah dengan keyakinan diri sendiri. Terlalu banyak mitos yang tak terbukti dikemudian hari , mitos bisa menjadi penghalang bagi tindakan yang sejatinya harus dilakukan , namun karena adanya mitos tertentu maka seorang jadi batal memilih jodoh yang dicintainya.

Siapa yang memberikan rasa cinta . bukankah semua itu bersumber dari Alloh Swt  ? Saat Tuhan telah menunjukkan anda dengan orang yang baik ,yang penuh cinta dan bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri maka lanjutkan ke jenjang pernikahan atau batalkan hanya karena Alloh Swt , bukan karena adanya mitos yang belum tentu terjadi.

# 14  Perbaiki atau singkirkan hal hal yang jadi penghalang. Tiap pencarian pasangan yang terkendala oleh munculnya masalah maka akan memberi kekuatan luar biasa bagi hubungan tersebut. Anda yang tetap teguh memegang keyakinan pada seseorang pada akhirnya mendapatkan jodoh yang tangguh.

Tetapi semua mesti diawali dengan niat yang benar , karena kalau orang yang hendak anda jadikan jodoh sudah berumah tangga atau telah resmi menjadi tunangan orang lain maka yang terjadi hanyalah kekecewaan , karena tidak menutup kemungkinan nantinya orang itu akan berbuat yang sama ketika telah menikah dengan anda walau hati anda mengatakan tidak mungkin

# 15 Memilih jodoh butuh kesabaran dan kebesaran hati . Sebagian orang menyalahkan dirinya sendiri karena merasa sudah sangat lama menunggu , kesabaran telah habis sampai kemudian ia tahu calon jodoh malah menikah dengan orang lain. Situasi seperti itu akan membuat seseorang depresi , sebagian lagi putus harapan dan menyerah pada keadaan.

Tetapi kembali pada prinsipnya, jodoh tidak datang secara instan, namun perlu perjuangan hingga rasa sakit hati yang terjadi diluar dugaan , mereka yang yakin akan mendapatkan jodoh yang baik pada akhirnya mampu mendapatkan pasangan lebih cepat dibandingkan yang berharap jodoh langsung datang saat ini juga.

# 16 Pertegas jati diri anda dimata calon pasangan. Sebagian orang berubah jadi ragu ragu ketika pasangan mereka tak mampu menegaskan dirinya secara konsisten, keraguan yang muncul tidak terlepas dari adanya ketidakberesan di dalam diri sendiri , jika anda mampu mengenali lebih cepat jati diri anda yang sesungguhnya maka nantinya akan lebih mudah untuk melanjutkan atau menghentikan hubungan dengan calon pasangan yang hadir ditengah tengah pencarian.

# 17 Terlalu terbawa oleh perasaan sendiri . Perasaan yang berlebihan akan menyulitkan seseorang menemukan pasangan idaman , perasaan cukup dibatasi pada level normal , tidak apatis dan tidak pula super agresif. Perasaan perlu dikelola melalui latihan dengan memadukan kemampuan akal sehat , pertimbangan pertimbangan yang rasional dan memperkuat diri melalui perbuatan perbuatan yang positif secara terus menerus.

# 18 Memilih jodoh butuh pengorbanan. Anda akan dituntut untuk berkorban hingga level pengorbanan tertinggi , ibaratnya menyetir kendaraan dengan tancap gas pol sampai anda bisa mengerem dengan benar. Jika kecepatan pengorbanan lambat , orang akan kehilangan pasangan yang dicintai , mereka akan menyesal dan mengatakan “andai dulu saya begini dan begitu maka ia akan memilih saya sebagai pasangan hidupnya.

19. Berupaya lebih keras dengan cara yang relevan. Seperti era saat ini , yang telah mengubah gaya hidup banyak orang dalam memilih pasangan , mereka mulai kehilangan sahabat sahabat yang dulu selalu dekat akibat para sahabat sudah lebih fokus membangun komunikasi dengan orang orang di dunia maya. Seolah anda ditinggalkan dan mungkin hati anda merasa tak ada lagi sahabat yang peduli dengan kondisi anda saat ini .

Cara anda dalam menentukan jodoh tentunya mesti diubah sejalan dengan perkembangan dunia online , anda bisa mulai bergabung dengan layanan biro jodoh online yang islami seperti bergabung dengan www.birojodohislami.com agar memiliki banyak pilihan dalam membangun hubungan baru.

Itulah 19 cara yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang hendak memilih pasangan hidup , anda bisa membagikan artikel ini ke sahabat sahabat lain yang ada di situs jejaring sosial , mengajak mereka untuk membaca langsung atau menyarankan teman teman bergabung dengan situs jodoh islami terpercaya di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah bersama www.birojodohislami.com